Hati-hati, jika tidak diolah dengan benar buah dan Sayur sehari-hari Ini Ternyata Beracun dan Mematikan

Sunrev - Tinggal di kota membuat kita mudah mendapat buah dan sayur yang sudah diolah dengan baik. Tapi, kalau tersesat di hutan, jangan asal memakan sayur dan buah yang biasa kita temukan di kota dan dimakan sehari-hari jika tidak tau pasti.

Karena ternyata bagian beberapa buah dan sayur mengandung racun yang bisa berakibat fatal. Sebaiknya hindari konsumsinya atau olah dengan baik agar zat kimia berbahayanya hilang. Berikut ulasan buah dan sayur populer mematikan yang biasa kita konsumsi sebagaimana dikutip dari The Daily Meal (15/01/2014).


Pala
Pala ternyata bersifat halusinogen. Mengonsumsi hanya 5,7 gram bisa menyebabkan sawan, sementara mengonsumsi 8,5 gram saja bisa menimbulkan kejang. Bahkan, memakan pala secara utuh bisa memicu psikosis (sulit membedakan fantasi dan realita) yang menimbulkan perasaan seperti kiamat sudah dekat.

Almond
Almond terdiri dari dua jenis, yakni almond manis dan almond pahit. Almond pahit diduga mengandung hidrogen sianida dalam jumlah relatif besar. Memakan 7-10 almond pahit mentah saja bisa menyebabkan gangguan pada orang dewasa dan bisa mematikan bagi anak-anak.

Singkong
Tahukah anda, daun dan akar singkong ternyata mengandung sianida. Gejala keracunan sianida akan seperti vertigo, muntah, dan ambruk akan muncul kurang lebih empat jam setelah mengkonsumsi singkong mentah atau yang tidak di proses dengan baik. Bahkan dari beberapa kasus, kematian dapat terjadi dalam kurun waktu 1-2 jam saja.

Kentang
Glikoalkaloid yang juga terdapat pada terung-terungan dapat ditemukan pada daun, batang,dan tunas kentang. Zat ini juga bisa bertambah dalam kentang jika dibiarkan terlalu lama, terutama jika terkena cahaya.

Mengonsumsi glikoalkaloid akan menyebabkan kram, diare, sakit kepala, bahkan koma dan kematian. Konsumsi 3-6 mg glikoalkaloid saja per kilogram berat badan bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, hindarilah kentang dengan semburat kehijauan.

Kacang mete
Mete mentah yang biasa dijual di pasar swalayan sebenarnya tidak benar-benar mentah, karena biji jambu monyet tersebut sudah dikukus untuk membuang urushiol, zat kimia yang juga terdapat dalam tanaman poison ivy. Efeknya sama seperti yang ditimbulkan tanaman tersebut dan poison oak.

Urushiol dalam kadar tinggi bisa berakibat fatal. Orang-orang yang alergi poison ivy cenderung mengalami reaksi alergi fatal saat memakan mete mentah.

Belimbing
Anda sering meminum jus belimbing? Ternyata 100 ml jus buah yang seperti bintang ini beracun bagi orang-orang yang memiliki ginjal bermasalah. Di dalamnya terdapat neurotoxin yang berdampak pada otak dan saraf. Namun, tak perlu khawatir kalau ginjal Anda sehat karena tubuh dapat menyaring racun tersebut.

Tomat
Batang dan daun tomat mengandung racun alkali yang dapat menyebabkan perut bergejolak. Tomat hijau yang belum matang memiliki efek yang sama. Memang risikonya tak begitu tinggi dan efek fatalnya baru terasa jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daun tomat.

Keluak
Bahan yang membuat kuah rawon berwarna hitam ini ternyata beracun bagi manusia karena mengandung hidrogen sianida. Buah ini juga dikenal sebagai 'buah yang bikin mual'. Bijinya dikonsumsi setelah direbus tanpa cangkangnya dan direndam dalam air. Bisa juga direbus dan dikubur dalam daun pisang dan abu selama 1-2 bulan untuk mengeluarkan sianidanya.


Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul Hati-hati, jika tidak diolah dengan benar buah dan Sayur sehari-hari Ini Ternyata Beracun dan Mematikan yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top