Kekebalan Tubuh Rendah, Waspada Serangan Cacar Air

SUNREV - Cacar air adalah hasil dari virus menular yang menyebabkan ruam yang gatal dan lecet di seluruh tubuh seseorang. Hal itu bisa terjadi disebabkan oleh virus varicella-zoster, virus yang masih jadi bagian dari virus herpes.

     Cacar air adalah penyakit umum yang sering menyerang anak-anak, kebanyakan orang akan mengalaminya dalam fase hidup mereka. Meskipun cacar air bukanlah masalah kesehatan yang begitu serius, orang yang terinfeksi diharuskan tinggal di rumah. Tujuannya adalah, agar tak menyebarkan virus ke orang lain.

    Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cacar air, di bawah ini ada ulasan penyebab, gejala dan fakta-fakta mengenai cacar air, seperti dilansir Healthmeup.

Penyebab cacar air

- Cacar air adalah penyakit menular. Selain itu juga dengan mudah menyebar saat seseorang memiliki kontak dengan cairan cacar air. Kemudian, orang juga bisa mengalami cacar air melalui batuk atau bersin dari orang menderita cacar air.

- Orang yang mengalami cacar air bisa menyebarkan virus bahkan sebelum gejala cacar air itu muncul. Orang yang sedang mengalami cacar air sangat menular, sebelum dua sampai tiga hari ruam lecet muncul. Kemudian, tetap juga bisa menular saat ruamcacar air itu melepuh dan mengerak.

- Jika Anda belum terkena cacar air sebelumnya, maka berisiko tertular di kemudian hari. Risiko ini meningkat bila Anda memiliki orang yang terkena cacar air di rumah.

- Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah, lebih beresiko terkena virus cacar air.Gejala cacar air Berikut ini adalah gejala awal cacar air yang suka muncul sebelum muncul ruam di sekujur tubuh antara lain:
- Demam
- Sakit kepala
-Sakit perut
-Sakit tenggorokan

Selanjutnya, saat gejala-gejala itu sudah dilewati seseorang akan mengalami luka lecet dalam tubuhnya. Rata-rata, orang yang menderita cacat air bisa meningkat ruam bercairan dari 250 sampai 500.

Di samping itu, ruam cairan itu seringkali terasa sangat gatal.Tidak sebatas itu, masih ada lagi hal yang biasanya terjadi pada orang yang terkena cacat air. antara lain
- Ruam akibat cacar air biasanya juga bisa muncul padbagian wajah, tubuh, di belakang telinga atau kulit kepala.
- Setelah dua hari, biasanya lepuhan bekas luka lecet membentuk koreng.- Koreng yang lama sembuhnya ialah ruam berair yang terlambat berkembang dibanding ruam yang lain.
- Cacar air pada orang dewasa akan lebih parah ketimbang terjadi pada anak-anak- Anak-anak yang memiliki masalah eksim atau masalah kulit lainnya, saat terkena cacat air akan lebih banyak luka lecetnya.

                                                                                                                             dikutip dari okezone.com


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top