8 cara Kalahkan Stres agar lebih produktif


ilustrasi stres
ilustrasi stres @wikipedia


Sunrev - Jantung berdebar, otot kaku dan sulit memfokuskan pikiran merupakan tanda-tanda sedang mengalami stres. Ketika ini terjadi, produktivitas bisa dipastikan menurun.

stres bukan hal yang harus ditakuti. Stres bisa dikalahkan sehingga kualitas hidup akan lebih baik.

Sebagian orang mengaku terlahir dengan 'stress head' yang membuat mereka selalu dalam keadaan stres. menurut Sarah Edelman, pakar psikologi ternama dari sydney mengatakan hal ini tidak benar.
"Stres bukan kondisi yang mengharuskan seseorang pasrah. Stres bisa dicegah dan dilawan dengan beberapa cara,"

Bagaimana caranya? Dikutip dari ABC Australia , berikut Sunrev sajikan 8 cara atasi stres agar lebih produktif:


Apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan stres? Dikutip dari ABC Australia, berikut 8 langkah kalahkan stres agar hidup lebih produktif, bagian kedua:


1. Kenali penyebab stres

Untuk memenangkan pertempuran, Anda harus mengetahui siapa musuh Anda. Agar mampu mengalahkan stres dan membuat hidup lebih produktif, Anda harus mengenali apa-apa saja penyebab Anda stres.

Misalnya masalahnya adalah percintaan, solusinya adalah membangun komunikasi efektif berdasarkan kejujuran. Jika penyebabnya adalah pekerjaan, coba diskusikan​ dengan atasan Anda, atau ubah gaya kerja.

intinya adalah anda harus mengetahui apa penyebab stres. Jika sudah mengetahui apa penyebabnya, maka langkah-langkah pencegahan dan penanganan lebih mudah dilakukan.

2. tarik nafas dalam-dalam

Stres memiliki pengaruh yang besar bagi kondisi fisiologis dan psikologis tubuh. Ketika stres, seseorang cenderung bernapas lebih cepat, yang menyebabkan perut memiliki kandungan gas lebih banyak dan membuat perasaan tidak nyaman.

hal ini bisa timbul beserta gangguan lain akibat stres seperti rasa marah, ingatan yang jelek hingga insomnia, bisa diatasi dengan mudah. Caranya, tarik napas dalam-dalam selama kurang lebih 10 menit dan bebaskan pikiran dari emosi yang mengganggu Anda. Dengan melakukan ini, stres tidak akan bertahan di tubuh dalam waktu yang lama.

3. ubah pola pikir

Sangat mudah melampiaskan kekesalan akibat stres yang Anda alami dengan menyalahkan lingkungan atau orang lain. Namun pemikiran seperti ini tidak membantu Anda mengalahkan stres dan membuatnya lebih buruk.

tuntutan untuk menjadi tebaik dan selalu sempurna merupakan faktor stres utama di kehidupan modern. pola pikir seperti ini harus diubah jika Anda ingin mengalahkan stres.

"Anda hanyalah manusia yang tentunya akan membuat kesalahan. Yang harus Anda yakini adalah tidak semua kesalahan tersebut memiliki dampak seburuk yang ada di pikiran Anda," ungkap psikolog dari sydney

4. latihan relaksasi

Stres menyebabkan otot terasa kaku yang mengakibatkan tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Sarah mengatakan Anda bisa melakukan latihan relaksasi.

latihan relaksasi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tidak sulit. Misalnya dengan mengucapkan kata 'tenang' atau 'rileks' dan tarik napas dalam-dalam secara teratur selama 20-30 menit.

Latihan relaksasi juga membantu Anda mengetahui keadaan diri lebih baik. Ketika stres datang dan tubuh Anda bereaksi, Anda mengetahuinya dan bisa menghindari reaksi tubuh tersebut


5. kendalikan pikiran


Stres dapat muncul ketika sedang kalut dan membuat Anda memikirkan banyak hal negatif. Reaksi bisa menimbulkan stres sekunder yang efeknya beberapa kali lipat lebih buruk daripada stres biasa.

hal ini terjadi akibat pikiran yang mudah menghakimi dan bereaksi negatif. Oleh karena itu, psikolog menyarankan agar Anda melatih pengendalian pikiran dan mencoba tidak menghakimi setiap keadaan.

Latihan ini bisa dilakukan ketika mandi, mencuci piring atau bahkan ketika makan. Coba fokuskan diri pada sensasi yang sedang dirasakan dan ingat, pikiran Anda hanyalah ide yang belum tentu benar.

6. seimbangkan kerja dan hiburan

Deadline kerja mendekat, anak sakit dan mobil rusak bisa saja terjadi di waktu yang berdekatan. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, dan pastinya membuat orang stres.

Agar tak merututi kehidupan dan membuat diri lebih stres, Anda harus menyeimbangkan kerja dan hiburan. Menyeimbangkan hal ini membuat Anda lebih kuat ketika stres menyerang.

Karena Anda lebih kuat, stres tidak bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi kalut, dan hidup akan lebih tenang.

7. jalin pertemanan

Menjalin pertemanan merupakan elemen penting untuk mengalahkan stres. Teman bisa membantu mengalihkan perhatian sekaligus membuat kita rileks ketika stres datang.

menjalin pertemanan juga bisa menambah sudut pandang baru ketika menghadapi masalah. Pertemuan reguler sangat di rekomendasikan, misalnya bertemu di warung kopi satu minggu sekali.

Beri izin bagi diri Anda untuk bersenang-senang tanpa merasa bersalah. Jika itu bisa Anda lakukan, stres tidak akan mampu menghambat Anda.


8. jaga kondisi tubuh

Faktor yang paling penting namun sering dilupakan untuk mengalahkan stres adalah menjaga kondisi tubuh. Sarah mengatakan beberapa orang menjadikan stres sebagai alasan untuk makan lebih banyak dan hidup tidak sehat.

Padahal kondisi tubuh selaras dengan kondisi jiwa. Jika tubuh sehat, maka jiwa juga sehat dan tidak mudah terserang stres.

padahal menurut pakar, Penanganan stres harus holistik, termasuk menjaga kondisi tubuh. Makan makanan sehat, olahraga teratur dan atur konsumsi alkohol dan merokok merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk menjauhi stres.


Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul 8 cara Kalahkan Stres agar lebih produktif yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top