Sehat tanpa junk food dengan cara-cara ini

Sunrev - Junk food adalah istilah untuk makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Walaupun rasanya bisa membuat ketagihan, tapi  mengonsumsi junk food secara berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Lalu Bagaimana cara mengurangi keinginan untuk mengonsumsi junk food?

Studi mengatakan bahwa keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu muncul saat tubuh kekurangan nutrisi. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa membantu anda mengurangi keinginan untuk makan junk food.

Perbanyak minum air putih
   
    Di Saat Anda merasa lapar, anda harus bisa membedakan apakah Anda benar-benar ingin makan atau hanya ingin minum? Ada kalanya di saat-saat tertentu tubuh merasa "butuh" minum bukannya makanan. Para ahli menegaskan bahwa cukup mengonsumsi air putih sebelum makan merupakan langkah yang baik. Langkah ini dilakukan agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan Anda minum air putih sepanjang hari.

Alihkan perhatian Anda

Apakah anda suka makan keripik saat sedang mengusir rasa bosan? Jika benar, maka anda harus mencoba mengalihkan perhatian anda. Cobalah untuk mendengarkan musik, membaca buku, menelepon teman, atau acara televisi favorit Anda tapi jangan di saat melakukan hal ini jangan anda dampingi dengan ngemil

Jauhkan diri dari "godaan" di sekitar

Membeli persediaan makanan terkadang bisa menjadi berbahaya, sebab biasanya Anda akan tergoda untuk membeli makanan yang tidak sehat atau di luar dari daftar belanjaan. Ada baiknya pergi belanja dalam keadaan kenyang dan fokus pada makanan yang benar-benar Anda butuhkan.

Selain itu, saat di supermarket sebaiknya anda hindari lorong bagian camilan. Tidak melihatnya akan membuat keinginan Anda untuk membeli menjadi menurun. Mungkin terasa sulit pada awalnya, namun jika diteruskan akan menjadi kebiasaan yang sangat baik untuk anda dan kesehatan diet anda.

<b>Pilihlah camilan sehat</b>

Apakah Anda hanya makan 3 kali sehari? Jika ya, sebaiknya Anda segera mencari camilan. Camilan sama sekali tidak dilarang, selama yang dipilih adalah camilan yang sehat misalnya buah-buahan. Mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan akan membuat Anda tetap merasa kenyang dan menghindari Anda dari makan dengan porsi yang berlebihan pada nantinya.

Jangan pernah lewatkan sarapan
      Setelah tidak makan sepanjang malam, makanan pertama yang Anda makan di pagi hari merupakan sesuatu yang sangat penting. Oleh karena itu, sarapan merupakan suatu keharusan. Sarapan dengan menu yang tepat akan membuat Anda tetap berenergi hingga jam makan berikutnya

Jauhi stres untuk menghindari keinginan yang berlebihan          Sebagian orang terkadang makan berlebihan disaat merasa sedih, stres, atau terlalu senang. Seringkali keinginan untuk makan makanan tertentu berhubungan dengan emosi Anda saat itu. Bahkan bagi beberapa orang, keinginan berlebihan ini bisa muncul saat sedang merasa cemas.

Karbohidrat diketahui dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin adalah hormon yang berfungsi memberi efek menenangkan. Kombinasi lemak dan gula juga memiliki efek menenangkan. Sehingga saat Anda merasa stres, keinginan untuk makan cokelat yang banyak mengandung gula biasanya akan lebih besar daripada biasanya. Oleh karean itu, ada baiknya jika sedang stres Anda menenangkan saraf dan berpikir apakah Anda benar-benar membutuhkan cokelat untuk bisa tetap tenang.



Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul Sehat tanpa junk food dengan cara-cara ini yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top