Alasan Wanita Nyeri Haid

   SUNREV -  NYERI akibat pre-menstrual syndrome (PMS) sering dialami wanita. Tak ayal, rasa sakit yang ditanggung begitu hebat hingga melemahkan kondisi tubuh seseorang.
Berikut lima alasan yang menjadi penyebab nyeri haid, seperti dilansir Boldsky.

-Infeksi saluran reproduksi
      Infeksi saluran reproduksi wanita atau dikenal pelvic inflammatory disease disebabkan penyakit menular seksual yang tidak diobati. Infeksi ini dapat menyebabkan jaringan parut di dekat panggul. Selama menstruasi, hormon akan memengaruhi rahim, jaringan parut, dan perlengketan.

-Pergesekan otot rahim
     Wanita yang mengalami PMS biasanya mengalami pergesekan otot-otot rahim sampai terjadi memar. Tak pelak, rasa nyeri yang dirasakan akan luar biasa saat wanita mengalami masalah ini.

Pelekatan lapisan rahim
     Sering kali rasa nyeri saat PMS terjadi karena pelekatan, peradangan, atau pendarahan internal di area endometrium atau lapisan rahim, sehingga dapat menyebabkan nyeri panggul.

-Pengaruh kontrasepsi
   Usai menikah, seseorang memasang kontrasepsi IUD untuk mencegah kehamilan. Namun, di saat haid, terkadang rasa sakit yang hebat akibat nyeri tak terhindarkan. Pasalnya, IUD dipasang di area rahim wanita sehingga akan mengganggu kelancaran aliran darah.

-Mengalami fibroid rahim
    Tiga dari empat wanita akan mengalami pertumbuhan tumor non-kanker di dinding rahim wanita atau dikenal dengan istilah fibroid rahim. Namun, kenyataannya tidak ada gejala bahaya yang harus dikhawatirkan karena bersifat sementara. Selain nyeri haid, kasus fibroid rahim juga dapat membuat siklus haid wanita tidak lancar setiap bulan.



Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul Alasan Wanita Nyeri Haid yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top