Makanan untuk menjaga Tulang Sehat

Sunrev - Untuk membentuk tulang yang kuat, kuncinya ada dua, adalah kalsium dan vitamin D.  Kalsium merupakan bagian utama dari struktur tulang dan gigi. Sementara itu, vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

   Kadar kalsium dan vitamin D yang cukup diperlukan bagi anak-anak agar pertumbuhannya optimal. Tak hanya untuk mereka, cukup kalsium dan vitamin D juga diperlukan bagi orang dewasa dan para lansia guna untuk memelihara kesehatan tulang mereka.

    Mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D salah satunya dapat kita peroleh dari konsumsi makanan. Berikut 10 Makanan untuk kesehatan Tulang yang di kutip dari berbagai sumber.

Susu
    Susu diketahui sejak lama sebagai sumber kalsium. Meski 237 ml susu menyumbangkan 90 kalori, namun 30 persen kebutuhan kalsium harian dapat tercukupi. Di sarankan untuk memilih susu yang diperkaya vitamin D karna akan memberikan manfaat ganda.

Yogurt
    Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari, namun makanan tertentu misalnya yogurt juga kaya akan vitamin D yang sangat berguna bagi kesehatan tulang.

     Umumnya, secangkir yogurt bebas lemak dapat mencukupi 30 persen kalsium harian dan 20 persen vitamin D dalam sehari.

Telur
    Meski satu butir telur hanya dapat mencukupi enam persen dari kebutuhan vitamin D harian, namun bahan pangan ini sangat mudah untuk ditemui di sekitar kita.

Sarden
    Ikan ini biasa kita temukan dalam kemasan kaleng, tapi tahukah anda bahwa kandungan vitamin D dan kalsium yang terkandung dalam sarden sangat mengagumkan.

ikan yang dimakan bersama tulangnya sangat baik dijadikan sumber kalsium dan vitamin D.

Bayam
    Jika produk susu bukan jadi pilihan Anda, maka pilihlah bayam sebagai sumber kalsium favorit Anda.

     Satu mangkuk bayam yang dimasak mengandung hampir 25 persen kebutuhan kalsium harian, ditambah serat, zat besi, dan vitamin A.

Salmon
    Salmon sangat dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang sehat. Tapi selain itu, 227 gram salmon juga mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D harian.  Jadi konsumsi salmon dapat menyehatkan jantung maupun tulang sekaligus.

Sereal
    Tahukah anda bahwa Sereal tertentu yang dibuat dari biji-bijian utuh,buah, dan kacang mengandung hingga 25 persen kebutuhan vitamin D harian Anda.

Kol hijau
   Sama seperti bayam, sayuran berdaun hijau merupakan sumber kalsium yang baik. Satu mangkuk kol hijau masak mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan kalsium harian Anda.

Tuna
    Tuna merupakan ikan berlemak lain yang kaya akan kandungan vitamin D. Sebanyak 85 gram tuna mengandung 154 IU atau dapat mencukupi 39 persen kebutuhan vitamin D Anda.

Jus jeruk
   Segelas jus jeruk segar seringkali diperkaya dengan vitamin D dan kalsium. buah jeruk juga merupakan sumber kalsium yang baik.



Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul Makanan untuk menjaga Tulang Sehat yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top