penyakit-penyakit yang timbul akibat patah hati

Sunrev - Siapa sih yang mau patah hati? Putusnya hubungan dengan kekasih yang kita sayang, cinta yang bertepuk sebelah tangan atau si dia berselingkuh sering menjadi penyebab seseorang patah hati. Saat patah hati, suasana hati pun menjadi kacau balau. tapi sepertinya Anda tidak boleh lama-lama hanyut dalam kesedihan akibat patah hati. Kenapa?

Patah hati ternyata juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Seperti di kutip dari beberapa simber. Berikut jenis penyakit yang di timbulkan oleh patah hati

Hiper tensi dan serangan jantung

Patah hati menyebabkan stres yang kronis. Di samping menghasilkan adrenalin (bahan kimia yang dihasilkan tubuh saat merasa stres) yang lebih banyak, tubuh juga akan terus menghasilkan hormon kortisol. Pelepasan hormon kortisol selama periode stres dalam jangka panjang dapat memengaruhi hampir semua sistem dalam tubuh, termasuk tekanan darah dan jantung.

Insomnia

Saat patah hati apakah anda hanya bisa menbolak balikan tubuh tanpa bisa tidur? Tubuh mungkin merasa resah sehingga menyebabkan stres fisik yang membuat Anda sebenarnya membutuhkan istirahat lebih banyak. Tingkat hormon kortisol yang tinggi juga ikut andil ketika Anda merasa sulit memejamkan mata.

Sistem imun yang menurun

Stres sangat berpengaruh pada sistem imun Anda akibatnya Anda mudah terserang penyakit, misalnya pilek dan batuk. Penyakit autoimun, di mana tubuh berbalik melawan dirinya sendiri, juga mungkin terjadi saat Anda patah hati karena fungsi kekebalan tubuh sedang tidak berfungsi dengan baik.

Ketika Anda bergulat dengan pikiran negatif dan emosi yang menyertainya, jangan heran jika sistem kekebalan tubuh Anda menurun drastis.

Menurut American Psychological Association, turunnya sistem imun bukan hanya diakibatkan dari stres, tapi juga depresi akibat merasa kesepian atau isolasi sosial.

Depresi dan masalah kesehatan mental

kejadian dalam hidup yang membuat stres bisa menyebabkan depresi pada sebagian orang. Penelitian juga menemukan bahwa stres kronis dapat meningkatkan kecemasan. Ketika Anda berjuang menghilangkan trauma karena patah hati, maka langkah yang harus dilakukan adalah meminta bantuan.

Pasca putusnya hubungan dengan pasangan, Anda akan mengalami krisis identitas yaitu mencari tahu siapa diri Anda tanpa pasangan. Sebuah studi yang dilakukab pada tahun 2010 menemukan bahwa putusnya hubungan Anda dengan pasangan bisa mengganggu rasa percaya diri Anda.

Sakit perut

Saat gugup, tiba-tiba Anda merasa sakit perut? itu hal wajar. Sakit perut bisa disebabkan oleh stres akut. Tapi, ketegangan jangka panjang bisa memperburuk masalah pencernaan misalnya mulas, gangguan pencernaan, hingga iritasi usus besar. langkah-langkah untuk mengurangi tingkat stres Anda agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga. Misalnya dengan yoga, meditasi, atau mengambil nafas dalam-dalam.

Lingkar pinggang lebih besar

Stres kronis bisa menyebabkan lingkar pinggang Anda bertambah. Stres jangka panjang berkaitan dengan penyimpanan kelebihan lemak perut. Penelitian di Yale menunjukkan bahwa terdapat korelasi tingkat kortisol yang tinggi dengan lemak ekstra di perut wanita. Selain itu, saat patah hati, makan cenderung dijadikan pelarian bagi sebagian orang. Apalagi makanan yang dimakan adalah cemilan dengan kandungan lemak, gula, dan garam yang amat tinggi. Padahal, makanan itu tidak mengandung kalori dan malah menyebabkan kenaikan berat badan serta peningkatan kortisol jahat dalam tubuh.

daripada berisiko terkena berbagai penyakit. Redakanlah patah hati Anda, tidak ada salahnya lakukan hal-hal yang menyenangkan dan cobalah untuk membuka lembaran baru.
Published with Blogger-droid v1.6.5


Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul penyakit-penyakit yang timbul akibat patah hati yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top