efek negatif ngopi terlalu malam

Sunrev - Buat sebagian orang, malam hari jadi waktu yang tepat untuk ngobrol dan ngopi bareng teman.

Ternyata, kebiasaan minum kopi di malam hari seperti ini berdampak negatif bagi tubuh. Di antaranya ngopi malam hari dapat mengurangi kualitas tidur dan dehidrasi!

Kopi sering menjadi minuman andalan saat bangun tidur. Kopi dipercaya dapat membuat tubuh lebih semangat dan lebih berenergi. Tetapi rupanya kopi bukanlah minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi di malam hari.

Jika di konsumsi malam hari, ada beberapa efek yang ditimbulkan kopi. seperti hal-hal berikut ini yang berhasil Sunrev rangkum dari beberapa sumber.

Menyebabkan Dehidrasi
Kopi dapat menyebabkan efek dehidrasi pada tubuh. Efek dehidrasi sehabis minum kopi bisa menurunkan kualitas istirahat. Tidur merupakan proses mengistirahatkan tubuh. Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga berpotensi menurunkan keinginan untuk minum air putih. Efek dehidrasi juga dapat memicu sakit kepala dan masalah pada pencernaan.

Sulit tidur
Sulit tidur merupakan efek yang banyak dirasakan usai peminum kopi. Ketika sehabis mengkonsumsi kopi, tubuh terasa lebih segar dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini akhirnya membuat Anda sulit untuk memejamkan mata dan tidur dengan nyenyak. Efeknya, tubuh terasa lebih lelah akibat kurang tidur dan tidur yang tidak berkualitas.

Ganguan pencernaan
Banyak orang menghindari kopi karena efek sakit perut yang diberikan setelah selasai mengkonsumsinya. Hal ini tentu tidak nyaman dan dapat membuat tidur terganggu.

Selain ganguan pencernaan, mengonsumsi 30 mg kafein di malam hari juga menimbulkan efek sakit kepala dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya.

Cepat letih
Mengonsumsi minuman berkafein di malam hari dapat berakibat tubuh lebih letih dan sulit bangun pagi pada keesokan harinya.

Penelitian mengungkap jika pelajar yang minum kopi di malam hari umumnya bangun pagi dan bersekolah dalam keadaan letih dan daya analisanya menurun.

Itulah efek buruk mengkonsumsi kopi pada malam hari. Suatu makanan tidak dilarang tapi kita harus tau waktu yang tepat untuk menerima hasil positif dan mengurangi efek negatif. Semoga dapat menjadi acuan dan menambah wawasan anda.
Published with Blogger-droid v1.6.5


Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul efek negatif ngopi terlalu malam yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

2 komentar :

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top