5 kesalahan orang saat makan dan olahraga

Sunrev - Tidak diragukan lagi, mengatur pola makan dan rutin olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun anda harus lebih hati-hati, sebab melakukan kesalahan bisa menghambat usaha Anda untuk tetap sehat.

Dengan melakukan kesalahan tersebut, maka dapat dipastikan usaha Anda untuk mengatur pola makan dan porsi latihan akan menjadi sia-sia dan tidak ada artinya.

Berikut 5 kesalahan terbesar saat mengelola pola makan dan olahraga, serta bagaimana cara memperbaikinya.

Makan terlalu sedikit lemak
Sebagian besar orang takut mengonsumsi lemak karena dianggap akan membuat tubuh gemuk. Padahal, cukup lemak merupakan strategi terbaik untuk mengontrol berat badan saat diet. Hal ini karena lemak dapat menunda pengosongan lambung, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, lemak juga meningkatkan penyerapan antioksidan dan meningkatkan metabolisme, alhasil tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Lemak juga merupakan nutrisi yang penting dalam diet. Terlalu banyak mengurangi asupan lemak dapat menyebabkan kelelahan, rasa lapar yang berlebihan, depresi, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Tips: Masukkan lemak baik dalam menu makan Anda, lemak baik seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak kelapa.

Konsumsi minuman olahraga saat tubuh tidak membutuhkannya
Jika Anda banyak berkeringat, aktif bergerak selama lebih dari 90 menit, atau berolahraga di tempat yang panas, mengonsumsi minuman olahraga memang lebih dianjurkan agar kondisi tubuh tetap terhindar dari dehidrasi dan akan mengganti elektrolit yang hilang dalam keringat.

Namun jika hanya berolahraga kurang dari 1 jam sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini. Karna, karbohidrat dalam minuman olahraga dirancang untuk membuat Anda tetap aktif. Mengonsumsinya ketika otot tidak memerlukannya akan membuat tubuh mengonsumsi 35 gram gula lebih banyak.

Tips: Konsumsi air kelapa alami lebih baik jika Anda merasa butuh minuman baik saat olahraga ringan.

Tidak makan setelah latihan karena takut olahraga menjadi sia-sia
Aktif olahraga kan mencegah Anda dari kegemukan, namun kuncinya adalah keseimbangan. Olahraga akan mengambil beberapa nutrisi dari dalam tubuh, sehingga Anda harus mengisinya kembali.

Dengan makan dan memenuhi nutrisi, otot akan pulih kembali. Selain itu metabolisme juga akan menjadi lebih baik.

Tips: Hitung berapa banyak kalori yang akan Anda bakar melalui olahraga. Setelah itu, kembali hitung berapa banyak kalori yang Anda butuhkan. Ini perlu dilakukan agar kalori yang ada di dalam tubuh tetap seimbang dan tidak berlebihan.

Hanya makan protein saja pasca latihan
Setelah melakukan latihan berat atau olahraga, banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tidak hanya protein. Anda juga harus menjaga asupan lemak sehat. Lemak sehat membantu memulihkan otot dan mengoptimalkan sistem sirkulasi.

Seporsi kecil gandum juga dapat mengembalikan glikogen. Glikogen yaitu karbohidrat yang tersimpan dalam jaringan otot. Glikogen berfungsi sebagai sumber bahan bakar utama selama melakukan latihan. Selain lemak baik dan karbohidrat, penting juga untuk mencukupi cairan tubuh seperti misalnya air putih.

Tips: Setelah melakukan latihan, Anda bisa membuat menu makan malam berbahan ayam, udang, atau tahu, bersama dengan berbagai jenis sayuran.

Makan camilan berlebihan setelah olahraga
Memang disarankan untuk makan camilan ringan saat 30 menit menjelang akhir sesi latihan. Karna pada waktu ini tubuh memulai proses pemulihan. Namun Anda harus perhatikan kapan Anda akan makan malam.

Tips: Jika 1 jam setelah latihan Anda akan makan malam, maka sebaiknya tidak mengonsumsi camilan apapun saat latihan. Ini justru dapat memberikan tubuh Anda nutrisi jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk pemulihan. Jika berlebihan, bukan tidak mungkin lemak di tubuh akan menjadi berlebihan juga.
Published with Blogger-droid v1.6.5


Ditulis Oleh : Admin

Anda sedang membaca artikel berjudul 5 kesalahan orang saat makan dan olahraga yang ditulis oleh sunrev yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di sunrev

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik...
Mohon hindari spam, sara, pornografi, dan jangan meningalkan link hidup di komentar.

Kritik dan saran anda selalu kami tunggu.

Back to top